Apa itu Ramadan? – GainPeace


Mengapa hampir tujuh juta Muslim di Amerika Serikat menjauhi makan dan minum dari fajar hingga terbenam matahari selama sebulan penuh setiap tahunnya? Ini bukan aksi mogok makan atau sejenis diet.

Ini Ramadan, bulan kesembilan di dalam kalender Islami. Muslim di seluruh dunia berpuasa selama bulan ini mulai fajar hingga terbenamnya matahari, untuk membersihkan jiwanya dan menyatukan mereka dalam menyembah Sang Pencipta.

Dengan puasa, Muslim melakukan ibadah utama yang dulu telah dilakukan oleh semua Nabi-Nabi Islam termasuk Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan Muhammad ‘alaihimassalaam.

Adalah firman Allah di dalam Alquran: “Wahai kalian yang beriman, puasa telah diwajibkan atas kalian sebagaimana ia telah diwajibkan atas mereka para pendahulu kalian, sehingga kalian bisa mencapai takwa.”

Di antara manfaat bulan Ramadan adalah: Muslim bisa melatih pengendalian diri, dan mengalami apa yang dirasakan mereka yang lapar setiap harinya. Ramadan memberikan banyak kesempatan untuk memperbaiki diri. Membuat seseorang menjadi lebih rendah hati, dermawan, dan condong kepada amal kebaikan.

Ketika bulan Ramadan berakhir, Muslim berkumpul bersama merayakan Idul Fitri, perayaan khusus berbuka puasa. Hari yang membahagiakan ini mereka bersyukur kepada Allah atas semua berkahNya, mengunjungi teman, tetangga, dan kerabat, serta memberi bantuan kepada masyarakat.

Untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap tentang Ramadan dan Islam, hubungi GainPeace di 800-662-ISLAM. Kami ulangi: 800-662-ISLAM. Atau kunjungi website kami di www.gainpeace.com.

Subtitle/Transkrip oleh Darul Arqam Studio

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s