[Transkrip Kartun Islami] Kesenangan Apa Yang Anda Cari? – Omar Suleiman


Allah subhanahu wa ta’ala berfirman di Qur’an, “Dho’ufath-thoolibu wal-mathluub.” (QS. Al-Hajj ayat 73)

Orang yang tengah mencari dan yang tengah dicari telah melemah dan mengecil.

Apa maksudnya? Meski orang menerima penampilan Anda, bahkan jika orang berpikir demikian, foto profil Facebook Anda hebat, foto cover Anda bagus, pakaian Anda bagus, Anda kelihatan rupawan hari ini. Bahkan jika mereka berkata begitu tentang Anda, apa sebenarnya yang sudah Anda peroleh dalam kehidupan? Apa yang kamu dapatkan?

Subhanallah, Anda akan melemahkan diri sendiri karena Anda takkan pernah cukup baik di mata mereka. Karena mereka pasti menemukan suatu kelemahan. Anda takkan mampu memuaskan semua orang. Orang akan selalu bisa menemukan kesalahan Anda. Pertanyaannya, Anda ingin menyenangkan siapa?

Am man yujiibul-mudhthorro idzaa da’aahu wa yaksyifus-suuu’a.” (QS. An Naml ayat 62)

Memangnya siapa yang akan menjawab panggilanmu ketika butuh pertolongan? Siapa yang akan ada di sana untukmu ketika kamu butuh bantuan mereka?

A ilaahum ma’allooh.” (QS. An-Naml ayat 62)

Adakah Tuhan lain yang kita cari selain Allah?

Artinya jika ada yang lain yang kita cari selain Allah, apa yang akan kita peroleh? Kenyataannya pada abad ke-21 ini, orang lebih peduli pada ilusi kebahagiaan dari pada benar-benar mengalami kebahagiaan. Bahwa sekitar saya mengira saya bahagia lebih penting daripada menjadi bahagia. Bahwa sekitar saya menganggap saya rupawan lebih baik dari pada merasakan menjadi rupawan.

Saya membaca sebuah penelitian menarik yang mencengangkan, tapi bisa dilihat kebenarannya. Bahwa salah satu kriteria yang kita perhatikan saat mencari pasangan, bagi banyak orang hal ini akan menjadi pertimbangan dalam membuat keputusan. Seberapa bagus dia terlihat pada foto cover Facebook saya? Apa yang akan dikatakan orang? Bagaimana nanti hasil foto pernikahan?

Dapatkah Anda bayangkan mereka berpikir tentang hasil foto pernikahan dan apa yang akan dikatakan orang? Apa yang akan orang katakan? Benar? Saat online, kita punya kaos bertuliskan “Think 1 dan Think 2”, “I’m His dan I’m Hers”, dan semua hal aneh dan dangkal lainnya yang terjadi pada bulan awal pernikahan. Lalu tiba-tiba semua foto itu menghilang.

Apa yang terjadi?

Benar? Itu karena Anda meletakkan kehidupan Anda di sana, subhanallah. Pada akhirnya semua itu termasuk dalam proses pengambilan keputusan. Apa yang akan dikatakan orang? Berapa banyak “suka” yang akan saya peroleh? Apa yang akan dipikirkan orang tentang saya? Kita tertawakan hal ini, tapi ini terjadi!

Dan mungkin saja ini juga terjadi pada sebagian kita. Jadi coba Anda merenungkan, ketika bangun pagi hari dan berkaca. Pertanyaan pertama yang muncul di benak Anda seharusnya, “Bagaimana Allah melihat saya sekarang?

Bagaimana penampilan saya di hadapan Allah saat ini?

Saat ini, ketika bangun pagi, hal pertama yang terpikir sebelum apa yang dikatakan orang, betapa modisnya saya, dan bagaimana orang akan menerima penampilan saya, apakah orang akan berpikir saya rupawan?

Pertanyaan pertama seharusnya, “Apakah Allah senang dengan saya saat ini?

Allah sedang melihat saya saat ini, “Apakah Allah senang kepada saya saat ini?

Apakah Allah suka dengan penampilan saya?

Dan ketika Anda memakai pakaian, hal pertama yang terpikir seharusnya, “Alhamdulillaahil-ladzii kasaanii haadzaats-tsaub, min ghoiri haulin minnii wa laa quwwah.

Pertama yang Anda lakukan adalah bersyukur pada Allah, sebelum mengatakan apa yang salah dengan pakaian itu. Seperti, “Tidak seperti yang saya harapkan, terakhir saya masukkan dalam mesin cuci, mesin pengering bla… bla… bla…

Hal pertama yang seharusnya muncul di pikiran Anda adalah, “Alhamdulillaahil-ladzii kasaanii haadzaats-tsaub.

Segala puji bagi Allah yang memberi saya pakaian ini.

Min ghoiri haulin minnii wa laa quwwah.

Tanpa daya dan kekuatan dariku sendiri.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berkata siapa saja yang mengucapkan doa tersebut saat berpakaian, “Ghufiro lahu maa taqoddamaa min dzanbihi.

Ia akan diampuni semua dosanya sebelumnya.

Pengakuan terhadap kesempurnaan Allah itu dan nikmat serta berkah Allah atas diri Anda, tidak mengeluhkan apapun, hanya bersyukur, menyadari keberadaan Allah bahkan pada saat berpakaian seraya memulai hari Anda dan menjadikan citra Anda di sisi Allah sebagai prioritas utama. Ini cukup untuk mengampuni semua dosa Anda yang telah lalu.

Subtitle: NAK Indonesia
Donasi: https://www.kitabisa.com/nakindonesia

English Transcript: https://islamsubtitle.wordpress.com/2018/07/16/whose-pleasure-are-you-seeking/

Advertisements

One thought on “[Transkrip Kartun Islami] Kesenangan Apa Yang Anda Cari? – Omar Suleiman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s