[Transkrip Kartun Islami] Episode 3: Di Luar Arabia – Pelajaran Sirah – Yasir Qadhi


Ini menunjukkan kepada kita tentang keadaan bangsa Arab. Bagaimana dengan kondisi di luar Arabia? Kita telah membahasa bahwa Kekaisaran Romawi menguasai penganut agama Kristen, sedangkan Kekaisaran Sassanid atau Kekaisaran Persia menguasai Zoroastrianism. Di dalam Zoroastrianisme tentu dikenal konsep tentang Dewa Api dan Dewa Kegelapan, Ahura Mazda dan Ahriman.

Jadi mereka memiliki api yang selalu dihidupkan dan dipuja. Dari sudut pandang Islam, Zoroastrian adalah sejenis pemuja berhala atau paganisme. Bagaimana dengan agama Kristiani di Roma? Untuk menyingkat cerita, semua ini adalah yang menarik.

Setelah Allah ‘azza wa jalla mengangkat Nabi ‘Isa ‘alaihissalam, kita perkirakan sekitar 30-40 tahun setelahnya, ada tiga cabang agama Kristen. Ada tiga macam pemahaman tentang agama Kristen.

Yang pertama disebut Gnostisisme, yang tidak akan di bahas di sini, karena ini seutuhnya adalah pemahaman filosofis. Gnostisisme, pemahaman yang sangat berbau mistis, saat ini sudah hampir punah, sudah tidak ada lagi Kristen Gnostik. Dua cabang Kristen yang ada, pertama disebut Kristen Yahudi, ini nama yang diberikan akademisi, Kristen Yahudi. Kedua, sementara orang menyebutnya sebagai Kristen Paulin, Paulin artinya pengikut Paul, bukan?

Jadi ada Kristen Yahudi dan Kristen Paulin. Kristen Yahudi percaya antara lain bahwa mereka adalah Yahudi, bahwa mereka harus mengikuti hukum Nabi Musa, bahwa mereka punya syariat Kosher dan Kashrut serta semua hukum-hukumnya, bahwa mereka harus di khitan, dan memakan separuh daging sapi atau daging Kosher, pada dasarnya Yahudi yang menjalankan tuntunan agamanya.

Dan bahwa Yesus Kristus dikirimkan kepada umat Yahudi, dan bahwa dialah Al-Masih yang dijanjikan, artinya ini sama persis dengan apa yang kita percayai bukan?

Sekarang, tentang Paul, yang tidak pernah benar-benar menjadi seorang murid, tapi menyatakan diri sebagai murid, menyatakan telah ‘melihat’ Yesus. Paul adalah yang memulai semua yang baru dalam ajaran ini. Tentang apa ajaran ini? Bahwa Yesus Kristus memiliki elemen ilahiah.

Dia bukan hanya seorang manusia, tapi manusia super, semacam sifat ilahiah. Yesus Kristus datang untuk menghancurkan atau memusnahkan hukum, atau bukan menghancurkan, ini bukan istilah yang tepat, mereka takkan setuju. Yesus Kristus datang untuk menjadikan hukum yang ada tidak berfungsi, dia datang untuk mengganti hukum.

Jika kalian percaya dengan Yesus Kristus, maka tidak ada syariat. Semua pertanyaan tentang khitan telah dibahas di dalam kitab Perjanjian Baru, katanya, kalian tidak perlu lagi berkhitan, tidak perlu lagi menjalankan syariat. Lalu dia mulai menjalankan beberapa unsur trinitas, memulai ini dan itu, sehingga ajaran ini disebut Kristen Paulin.

Selama 300 tahun, umat Kristen berdebat tentang makna Kekristenan. Siapa Yesus Kristus? Apakah dia seorang Nabi, Tuhan, atau anak Tuhan? Apa itu Injil? Apa yang dimaksud dengan ini dan itu? Hingga akhirnya bangsa Romawi… pada dasarnya bangsa Romawi menganut paganisme bukan?

Mereka punya dewa Jupiter, serta dewa lainnya. Bangsa Romawi dulunya adalah musuh terbesar penganut Kristen. Ada kisah dimana bangsa Romawi melempar mereka ke kandang singa, dan Kaisar Nero yang membakar umat Kristen hidup-hidup, dia menyalakan seluruh sudut kota Roma dengan tubuh umat Kristen, dinyalakannya seorang Kristen sebagai bola lampu kota. Ini adalah orang-orang jahat, umat Kristen adalah martir yang dianiaya.

Jadi sekitar 2 hingga 3 ratus tahun umat Kristen dijadikan martir, hingga sebuah keajaiban terjadi. Ada sekitar 3-4 % umat Kristen di Kekaisaran Romawi, hingga sebuah keajaiban terjadi menurut persepsi mereka, yakni kaisar beralih, masuk ke dalam agama Kristen.

Di zaman kita hal ini bisa diibaratkan jika Presiden Amerika Serikat masuk Islam, karena kita berjumlah sekitar 5- 6 %, sama seperti umat Kristen ketika itu, sekitar 5%. Beberapa orang mengatakan dia sudah menjadi Muslim, kita takkan membahasnya, oke. Kita takkan bicara tentang Tuan Hussein. Namun kondisi ini dapat disetarakan, kita adalah agama minoritas. Kita adalah agama dengan 5% penganut.

Lalu kaisar berpindah agama, inilah yang terjadi dengan agama Kristen, bukan? Konstantin adalah yang pertama beralih kepada Kristen di kekaisaran Romawi, kaisar pertama, maaf, yang berpindah kepada agama Kristen. Konstantin bukanlah orang biasa yang dapat ditemukan di jalanan, dia seorang kaisar. Dia takkan membiarkan permusuhan ini berlanjut.

Jadi dia berunding dengan semua penasihatnya, “Semua umat Kristen yang berseteru, datanglah, mari kita berdialog, mari kita mencoba memahami apa itu agama Kristen.

Dia menginginkan versi Kristen tertentu, kita bisa menebak hal ini dengan cepat, karena sebelumnya dia adalah seorang penganut pagan, jadi dia menginginkan sedikit unsur paganistik di dalam agama Kristen.

Jadi dari sana muncullah tanggal 25 Desember, konsep Halo (nimbus), muncul konsep trinitas, ini dan itu, konsep anak Tuhan, karena mereka punya anak Tuhan di dalam Mithrail. Semua ini berasal dari keputusan Konstantin pada tahun 325 di kota Nicaea yang sekarang termasuk wilayah Turki, dia mengadakan perundingan yang disebut dengan Konsili Nicea. Pada tahun 325 M Konstantin mendeklarasikan Kristen Paulin sebagai agama Kristen resmi.

Semua umat Kristen lain, kami akan melakukan apa yang dilakukan nenek moyang kami terhadap umat Kristen lain, kami akan membakar, menganiaya, dan membunuh kalian.

Jadi ada imigrasi besar-besaran, ada hijrah, dari tanah asli Kristen ke wilayah lain, bukan? Ini sebabnya dikatakan beberapa di antara mereka datang ke kerajaan Najasi, sehingga kerajaan Najasi memiliki lebih banyak penganut Kristen Yahudi dari yang lainnya. Yang lain pergi ke Iran sehingga Salman Al-Farisi yang akan kita bicarakan, ada di sana.

Namun intinya Kekaisaran Romawi secara resmi mengusir Kristen Yahudi, tidak ada lagi yang disebut Kristen Yahudi di Kekaisaran Romawi. Maka Kristen Paulin kemudian menjadi standar. Dari Paulin muncullah Kristen Orthodox, Katolik, dan Protestan, yang pada dasarnya merupakan 99.9% dari semua Kristen. Kristen asli yang lain, sama sekali telah lenyap.

Unduh aplikasi bergerak kami atau daftarkan diri pada website resmi kami untuk memperoleh akses konten ekslusif. Tautan dapat ditemukan pada deskripsi video.

Subtitle: NAK Indonesia
Donasi: https://www.kitabisa.com/nakindonesia

English Transcript: https://islamsubtitle.wordpress.com/2018/07/04/outside-arabia

Advertisements

One thought on “[Transkrip Kartun Islami] Episode 3: Di Luar Arabia – Pelajaran Sirah – Yasir Qadhi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s