Jangan Hukum Lidah Yang Selalu Memuji – Prayers of the Pious 11 – Omar Suleiman


Imam ibnu al-Jawzi, seorang guru dan ulama besar hidup dua abad setelah Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Dialah yang mengatakan kepada muridnya, “Jika kamu masuk surga dan tidak menemukanku di sana, tanyakanlah tentang aku, dan mintalah Allah subhanahu wa ta’ala untuk juga memasukkanku ke dalam surga.

Dia selalu menangis dan memohon kepada Allah karena memiliki ribuan murid. “Ya Allah, jangan hukum aku, karena jika Engkau menghukumku, maka muridku akan berkata, ‘Allah menghukum orang yang selalu mengajari kita tentangNya.’

Dia memiliki sebuah doa yang indah yang muncul karena ketakutannya akan kemunafikan.

إِلَهِيْ لَا تُعَذِّبْ لِسَاناً يُخْبِرُ عَنْكَ، وَلا عَيْناً تَنْظُرُ إِلَى عُلُوْمٍ تَدُلُّ عَلَيْكَ ، وَلا يَداً تَكْتُبُ حَدِيْثَ رَسُوْلِكَ؛ فَبِعِزَّتِكَ لا تُدْخِلَنِي النَّارَ

Tuhanku, jangan hukum lidah yang selalu memberi pengetahuan tentang Engkau, jangan hukum mata yang melihat ilmu sains yang tertuju kepadaMu, jangan pula hukum tangan yang menulis tradisi RasulMu. Demi kehormatanMu, jangan masukkan aku ke neraka.

Inilah yang diajarkan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam, yakni memohon kepada Allah dengan amal saleh kita. Ini bukan berarti sombong, sebaliknya dengan kerendahan hati, bahwa kita menyadari bahwa kita memiliki kekurangan yang mungkin bisa membatalkan amal saleh ini.

Kita memohon kepada Allah seraya mengakui kekurangan kita, bahwa kita bukan yang terbaik, memiliki kesalahan yang harus diperbaiki. Dengan ampunan, kemurahan hati dan kehormatanMu jangan masukkan aku ke neraka, karena aku adalah alat yang akan mengantarkan mereka (muridku) ke jannahMu.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=TwVQp29iixo

Resume oleh Key

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s