Ketamakan Jiwa – Prayers of the Pious 9 – Omar Suleiman


Apakah yang ditakuti oleh para Nabi, sahabat, dan orang-orang saleh? Ini kedengarannya tidak masuk akal bagi kita, karena mereka sangat hebat dalam berbagai hal, dan sangat jauh dari kejahatan yang mereka takuti akan terjerumus di dalamnya. Ibrahim ‘alaihissalam dikenal sebagai As-Siddiq, Si Jujur, namun beliau takut akan ketidakjujuran, Maryam ‘alaihassalam adalah wanita yang paling sopan dan suci dan beliau takut akan ketidaksopanan lebih dari orang lain. Begitulah tingginya standar yang mereka pakai untuk dirinya sendiri.

Sahabat Nabi yang paling kaya, Abdulrahman ibnu ‘Auf terkenal dengan kedermawanannya. Setiap kembali ke Madinah dengan karavannya yang begitu sarat, membuat penduduk bahkan mengira bahwa Madinah sedang diserang musuh. Abdurrahman selalu berderma agar Allah tidak lagi memberinya di dunia ini dan memasukkannya ke surga karena kedermawanannya.

Suatu ketika Abdurrahman melakukan tawaf dan memanjatkan sebuah doa berulang kali.

اللَّهُمَّ قِنِي شُحَّ نَفْسِي

Ya Allah, lindungi aku dari ketamakan jiwaku!

Ketika ditanya mengapa hanya memanjatkan satu doa itu berulang kali, dia menjawab, “Untuk melindungiku dari ketamakan diriku sendiri, sehingga aku takkan mencuri, tidak akan berzina, dan melakukan kejahatan apapun.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengatakan bahwa jika seorang anak Adam diberi sebuah lembah penuh emas, maka dia akan meminta lembah yang kedua, jika diberi dua lembah dia akan minta tiga. Dia takkan pernah puas hingga tanah masuk ke mulutnya, artinya dia takkan pernah berhenti menginginkan lebih. Ini adalah salah satu bentuk ketamakan.

Abdulrahman ibnu ‘Auf mengatakan bahwa seseorang yang miskin jiwanya akan mirip dengan mereka yang miskin harta yang memanfaatkan orang lain karena kemiskinannya. Kekosongan jiwa yang tidak dipenuhi sebagaimana mestinya, dapat memicu seseorang untuk melakukan tindakan di luar batas kepantasan. Seseorang yang tamak dengan hartanya, akan mulai menipu, mengambil keuntungan, memanfaatkan orang lain, bahkan meski mereka tidak perlu melakukannya.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Hac1gKT7juk

Resume oleh Key

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s