Engkau Telah Mengambil Anakku – Prayers of the Pious 27 – Omar Suleiman


Kehilangan seorang anak barangkali adalah hal yang paling sulit untuk dihadapi para orang tua. Ini adalah mimpi buruk yang tidak pernah kita inginkan, namun ini dialami oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam selama enam kali.

Beliau menguburkan enam dari tujuh anaknya. Bagaimana beliau bisa masih memiliki kapasitas pengelolaan emosi yang demikian hebat setelah menguburkan isterinya, menguburkan enam dari tujuh anaknya, serta masih menghadapi semua masalah lainnya? Betapa beliau masih bisa tersenyum dan masih memiliki banyak hal untuk diberikan kepada banyak orang di sekeliling beliau.

Umar bin Abdul ‘Aziz juga mengalami yang sama, kehilangan tiga dari anaknya. Untuk itu dia memanjatkan doa sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ قَدْ قَبَضْتَ سَهْلاً، وَعَبْدَ المَلِكَ، وَمُزَاحِما، فَلَمْ أَزْدَدْ لَكَ إِلَّا حُبّاً، وَلا فِيْمَا عِنْدَكَ إِلَّا رَغْبَةً فَاقْبِضْنِيْ إِلَيْكَ غَيْرَ مُضِيعٍ وَلا مُفْرِطٍ

Ya Allah, Engkau ambil kembali jiwa dari Sahl, Abdul Malik, dan Muzahim. Ini hanya menambah cintaku kepadaMu, dan menambah hasrat terhadap apa yang menantikanku denganMu. Maka ambillah kembali nyawaku tanpa menunggu aku menjadi lalai atau ceroboh.

Umar radiyallahu anhu mengakui kesedihannya karena kehilangan anak-anaknya. Ini adalah hal yang alami, Nabi shallallahu alaihi wa sallam pun menangis ketika anak-anak beliau meninggal. Namun Umar mengatakan bahwa peristiwa ini tidak membuatnya membenci Allah, sebaliknya hanya menambah rasa cintanya kepada Allah serta meningkatkan keinginannya akan akhirat serta apa-apa yang menunggunya kelak bersama Allah. Umar mengharapkan Allah juga mengambil nyawanya, namun tidak di dalam kondisi dia sedang lalai atau tidak menyenangkan Allah.

Jika Anda sedang mengalami kepedihan yang dalam, jangan bersikap seolah kepedihan itu tidak ada di dunia ini. Berusahalah untuk merubahnya menjadi kesenangan di akhirat.

Semoga Allah melindungi anak-anak kita, diringankanNya kesedihan para orang tua yang kehilangan anaknya, diampuniNya anak-anak tersebut dan dikumpulkanNya mereka di dalam surga Firdaus. Semoga Allah menjadikan semua tragedi yang kita hadapi menambah cinta kita kepadaNya dan menumbuhkan keinginan akan kebaikan di akhirat. Allahumma aamiin.

Sumber: https://www.facebook.com/imamomarsuleiman/videos/1908270685859630/

Resume oleh Key

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s