Akhiri Ramadan Dengan Hebat! – Omar Suleiman


Ramadan hanya tersisa beberapa hari lagi. Banyak di antara kita akan menyesali diri karena belum berbuat yang terbaik dalam Ramadan ini. Akan ada malam-malam di mana kita tidak bangun untuk Qiyam, ada hari-hari di mana kita tidak bisa mengontrol lidah dengan baik, atau ada rentang Ramadan di mana bacaan Qur’an kita mengendur.

Namun sekarang bukan waktunya untuk menangis. Bukan pula waktunya untuk belanja lebaran dengan jor-joran dan bersikap seakan Ramadan telah usai. Renungkan pernyataan yang luar biasa dari Imam Ibnu Rajab radiyallahu anhu di dalam bukunya Lataaif:

Biarkan mereka yang telah gagal untuk melakukan yang terbaik di dalam bulan Ramadan ini mengakhirinya dengan kebaikan, karena perbuatan dinilai di akhirnya.

Bagian terakhir dari pernyataan ini, tentang perbuatan yang dinilai pada akhirnya, adalah hadits sahih. Ini seharusnya memberi kita banyak harapan. Berikut adalah tantangan bagi kita di akhir Ramadan ini:

1. Jadikan hari-hari terakhir Ramadan ini hari TERBAIK selama sebulan ini dan percayakan kepada Allah untuk menilai keseluruhan Ramadan Anda dengan hari terakhir ini.

2. Habiskan Asar-Maghrib terakhir dari Ramadan ini untuk membaca Al-Qur’an, berdoa’ dan merenung. Jika Anda bisa melakukan i’itikaf pada hari-hari terakhir ini di masjid maka lakukanlah. Jika tidak maka cobalah sediakan waktu untuk berdiam diri dan merenung di tempat yang tenang.

3. Curahkan isi hati Anda di dalam doa dan mohonkan agar Allah memberi ampunan atas semua kekurangan Anda dalam bulan ini serta memberi Anda hadiah Laylatul Qadar ‘full’, MESKI Anda telah kehilangan kesempatan untuk memperolehnya.

4. JANGAN buang waktu Anda untuk beradu pendapat tentang ‘hilal akhir Ramadan’. Anda tidak akan bisa merubah apapun. Jika Anda memang berbeda pendapat dengan komunitas Anda tentang hal ini, maka lakukan dengan diam-diam.

Ya Allah, inilah yang bisa kami persembahkan, kami mengakui segala kekurangan kami, namun kami tetap bergantung kepada ampunan dan penerimaanMu.

Semoga Allah mengijinkan kita untuk mengakhiri bulan ini dengan hebat. Semoga kita bisa menemui Allah subhanahu wa ta’ala dalam keadaan diampuni secara keseluruhan, diliputi oleh kasih sayangNya, dibebaskan dari pintu api neraka, dan terdaftar di surga tertinggi, jannatul firdaus.

AAMIIN!

Sumber: https://www.facebook.com/imamomarsuleiman/posts/1910130375673661

Diterjemahkan oleh Key

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s