[MFA2018] Krisis Kepercayaan Diri Di Zaman Now – Eni Wulandari


Krisis Kepercayaan Diri di Zaman Now

Mungkin teman-teman terkadang mempunyai pemikiran seperti saya. Tertarik ingin membeli krim seharga jutaan rupiah. Mempunyai baju yang dipromosikan oleh selebgram di media sosial. Atau membeli jilbab kece yang kita lihat di Instagram.
MFA2018 - Krisis Kepercayaan Diri di Zaman Now

Sekuat apa pun kita mencoba mensyukuri karunia fisik yang telah Allah subhanahu wa ta’ala titipkan kepada kita, ada kalanya godaan ingin berbelanja kebutuhan mempercantik diri secara berlebihan datang begitu saja.

Nyatanya kita hidup di zaman serba media sosial di mana semakin banyak orang ingin terlihat indah di mata manusia. Validasi melalui tombol likes, loves atau repost jadi bermakna luar biasa bagi sebagian orang. Kalau sesekali mungkin tidak masalah tetapi, namun jika terus mencari pengakuan orang via media sosial berbekal fisik semata, bisa jadi runyam.

Ada satu ayat yang termasuk sering saya baca ketika salat, yakni surat At Tin, yang ternyata memuat fenomena orang zaman now yang gandrung bermain media sosial untuk mencari validasi eksistensi diri.

Yakni ayat ke-4:

(لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ ﴿٤﴾)

Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Baru sadar dari video Ustad Nouman bahwa ayat ini luar biasa sekali maknanya. Saya terus berusaha mengingat ini ketika merasa rendah diri atau kurang percaya diri, tak cuma dari segi fisik atau pun pencapaian hidup saya selama ini.

Berikut link videonya: https://www.youtube.com/watch?v=QfnEj-YKwMI

Ustad Nouman menjelaskan bahwa Allah subhanahu wa ta’ala benar-benar menciptakan setiap manusia secara sempurna. Bahkan Ia membuatnya indah. Manusia dibuat begitu istimewa, bukan seperti produk massal sebuah pabrik. Tak ada satu orang pun yang Ia buat sama. Setiap pribadi Ia ciptakan unik sebagai bukti keagungan-Nya.

Lalu apa kaitannya dengan judul tulisan ini?

Ayat ini berkaitan langsung dengan judul video Ustad Nouman. Setan tahu benar cara menjerumuskan manusia. Mereka tahu cara menggoda manusia, secara spesifik pula. Salah satunya jika mereka mendapati ada hamba Allah subhanahu wa ta’ala yang cenderung terobsesi menghamburkan uang untuk memperindah diri masing-masing.
Ustad Nouman menyebut industri kecantikan sekarang sungguh luar biasa. Mereka mengiming-imingi beragam krim dan perawatan agar terlihat lebih muda, lebih menarik padahal usia mulai menua.

Mari berhati-hati teman-teman. Ini juga peringatan buat saya. Terus mengingat cinta Allah subhanahu wa ta’ala yang begitu besar bagi kita dengan menitipkan fisik yang sempurna bagi kita selama ini. Jika tidak sering-sering mengingat hal ini, kita bisa terperangkap jebakan setan lalu menjadi korban industri kecantikan yang mengajak kita fokus pada memperbagus diri, tanpa sadar sedikitnya amal dan taubat yang kita lakukan sebelum menghadap-Nya. Astaghfirullahaladzim..

Alqur’an diturunkan sudah sekitar 1400 tahun yang lalu tetapi ayat-ayatnya masih relevan sampai sekarang, bahkan di zaman serba canggih seperti ini. Siapa sangka Allah telah memperingatkan manusia untuk selalu bersyukur pada fisik yang mereka nikmati, panduan yang sangat kita butuhkan di zaman serba media sosial seperti sekarang ini. Subhanallah..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s