Melatih Tajwid Dalam 5 Langkah


Bismillah. Segala puji syukur adalah karena Allah subhanahu wa ta’ala. Salam berlimpah bagi-Nya dan shallallahu alaihi wa sallam kekasih kita.

Tajwid buruk, terutama (belajar) dari shuyukh (Sheikh) pemarah / belajar dari orang yang pemarah – itu hal yang mengesalkan saya. Saya rasa di dunia ini tidak ada alasan untuk tidak berusaha meningkatkan sebaik-baiknya mengenai cara baca Anda, kecuali jika ada keterbatasan secara fisik, mental atau jasmani.

Melatih Tajwid Dalam 5 Langkah

Saya rasa itu semua merupakan alasan yang berlaku. Orang bilang uang alasannya tapi dapat saya katakan bahwa tidak ada guru yang mengajar Quran akan mengusirmu jika Anda tidak bisa membayar. Malu juga bukan sebuah alasan, maaf tentang hal itu. Saya selalu menjadi orang yang mencoba sebaik yang saya bisa, dalam kapasitas saya. Jadi inilah catatan tulisannya.

Catatan: Saya tahu, mungkin terdengar kasar, tapi Anda pasti gila jika tidak ingin menjadi orang yang dekat dengan Allah dan Quran. Semoga Allah menjadikan kita bagian dari orang-orang tersebut. Aamiin.

Langkah 0

Anda butuh seorang guru. Ini tidak bisa dinegosiasikan. Saya minta maaf tapi Sheikh Sudais tidak bisa menjadi guru virtual (internet) Anda. Jika tidak ada satupun di daerah Anda, carilah lewat online. Tahun ini, saya punya murid di provinsi lain, dia mahasiswa universitas dan karyawan, dia membaca Quran kepada saya lewat telepon dalam beberapa bulan.

Oh, dan kemudian hadiri kelas Anda. Harus mempunyai alasan yang benar bila tidak dapat hadir.

Langkah 1

Pelajari tajwid secara TEORI + LATIHAN secara bersamaan. Anda perlu paham apa yang sedang Anda lakukan dan mengapa Anda melakukannya agar tajwid Anda naik ke level selanjutnya. Saya menyarankan ini berdasarkan pengalaman pribadi.

Langkah 2

Pahami kesalahan Anda dan ketahui bagaimana seharusnya suara Anda terdengar. Jika tidak tahu, mintalah guru Anda untuk menjelaskan, bahkan jika Anda harus bertanya kepadanya 100x.

Langkah 3

Rekam suara Anda dengan guru Anda jadi Anda bisa membawanya ke rumah dan lebih memahami di mana Anda salah, dan jika Anda ingin lebih baik lagi, pantau juga perbaikan Anda seterusnya.

Ini bukan sesuatu yang saya pribadi lakukan tetapi melihat manfaatnya.

Langkah 4

Dengarkan Qari yang berkualitas. Guru saya merekomendasikan Sh. Khalil Husary, Sh. Abdul Basit dan Sh. Minshawy. Anda dapat mendengarkan Qari favorit untuk tujuan bersantai, tapi untuk tujuan belajar, mereka Qari yang direkomendasikan. Jangan hanya mendengarkan tapi juga mencatat makharij (asal suara huruf) mereka dan sifaat (sifat huruf).

Langkah 5

Berlatihlah, tapi Jangan Berlebihan.

Rahasia nomor satu untuk meningkatkan tajwid saya sembari membaca untuk memperoleh ijaaza adalah setelah memahami kesalahan saya dan tahu bagaimana seharusnya suara saya terdengar, saya tidak memikirkannya. Saya membiarkannya berlalu. Kesadaran tentang bagaimana seharusnya suara saya terdengar telah memasuki alam sadar saya, dan karena kesadaran ini, maka itu akan membuatnya mudah, Alhamdulillah. Kedengarannya kontra-intuitif, tetapi seringkali itu hal-hal yang terbukti berhasil.

Bonus:

Berdoalah banyak-banyak, doa yang saya pelajari dari Ust. Nouman Ali Khan, “Oh Allah, Engkau katakan bahwa Engkau telah membuat Quran mudah, jadi mudahkanlah untukku.

Dengan doa terbaik untuk kesuksesasn dunia dan akhirat Anda.

– Wasfeeya

Sumber: https://wasfeeya.com/2017/07/24/how-to-improve-your-tajweed-in-5-steps/

Advertisements

2 thoughts on “Melatih Tajwid Dalam 5 Langkah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s