[Transkrip Kartun Islami] Nasihat Ibadah Ramadan – Nouman Ali Khan


Nasihat pertama yang saya berikan kepada Anda untuk menyediakan waktu: apa yang Anda perintahkan kepada anak, juga Anda kerjakan. Saudariku, saya mengerti suami-suami Anda kadang memaksa Anda untuk membuat iftar paling rumit yang pernah dibuat dalam sejarah manusia.

Tetapi Saudaraku, jangan memaksa para wanita untuk memasak terlalu banyak, sehingga setengah hari puasa mereka hanya memasak. Mereka hanya berdiri di depan kompor, memasak, dan tidak melakukan yang lainnya.

Berbukalah dengan yang ringan, jangan makan makanan yang berat, gorengan, dan terlalu banyak memasak. Masakan Anda cukup untuk 10 orang, tapi hanya dimakan oleh dua orang.

Inilah bulan untuk mengingat nasihat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, ketika beliau menyuruh kita mengisi sepertiga perut kita. Sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minum, dan kosongkan sepertiganya lagi.

Ini bukan bulan untuk… sepuluh menit sebelum maghrib Anda sudah duduk di meja dan menunggu. Ada gunungan saos di piring Anda, kentang goreng, pakora dan samosa. Dengan semua itu Anda menciptakan gunungan makanan di dalam piring, dan setelah menghabiskannya, Anda hampir tidak mampu berdiri untuk salat maghrib.

Sayang sekali, sebagian besar Muslim malah semakin gemuk selama Ramadan, bukan semakin kurus. Makanlah secara normal, ringan. Makanlah secara ringan agar Anda punya tenaga untuk bergerak, jangan penuhi perut Anda. Begitulah latihannya.

Apa tujuan dari berpuasa sehari penuh? Allah melatih kita untuk bisa bertahan tanpa terlalu banyak makanan, dan pada akhirnya makan berlebihan. Itu akan mementahkan tujuannya.

Jelas saja jika Anda melakukan kesalahan itu, bagaimana mungkin Anda bisa salat tarawih? Meskipun bisa, setelah dua rakaat, Anda akan berdiri di sana, menunggu imam, “Kapan dia akan rukuk, ini lama sekali.

Itulah yang akan terjadi pada Anda, dan Anda tidak ingin itu terjadi. Anda ingin melakukan yang terbaik di bulan ini, dan itu menyangkut bagaimana Anda makan, bagaimana jadwal Anda, bagaimana semua anggota keluarga bisa termotivasi untuk melakukan yang terbaik. Semua orang harus bekerja keras untuk ini, semuanya.

Dan tidak semua anggota keluarga berada pada tingkatan yang sama, masya Allah kita memiliki banyak huffadz (hafidz) di masyarakat. Banyak anggota masyarakat yang datang hampir di setiap salat. Mereka datang, namun banyak juga yang tidak datang. Tidak semua orang berada pada tingkatan yang sama.

Namun Anda harus beribadah lebih baik dari Ramadan sebelumnya. Keluarga Anda harus beribadah lebih baik dari Ramadan sebelumnya. Anda, anak-anak Anda, isteri Anda, semuanya. Anda tidak sedang berlomba dengan orang lain, Anda berlomba dengan diri sendiri. Anda harus meningkatkan diri Anda.

Anda harus bertanya pada diri sendiri, “Apa yang salah dengan Ramadan saya yang lalu, bagaimana saya bisa memperbaikinya Ramadan ini?

Sekarang sedikit menyinggung para wanita. Jadi Saudariku, jika Anda menyiapkan makanan atau menghabiskan banyak waktu di rumah, atau sibuk dengan hal lain. Di sela-sela kesibukan Anda, cobalah membaca dan mengulangi ayat yang sudah Anda hafal, mendengar bacaan Quran, mendengar tafsir, penjelasan Al-Quran, apakah dalam bahasa Urdu, Arab atau Inggris. Dengarkan, simaklah penjelasannya.

Saya juga ingin menasihati para hafidz di antara pemirsa. Kebanyakan mereka masya Allah, satu-satunya yang mereka lakukan dalam Ramadan adalah mempersiapkan salat tarawih. Satu-satunya yang dipikirkan, saya harus mengulang dan mengulang hafalan, karena saya akan mengimami 100 atau 1000 orang.

Jadi yang harus saya lakukan adalah mengulangi hafalan Qur’an saya, akhirnya itu menjauhkannya dari kekhusyukan Ramadan. Saya dedikasikan waktu untuk mengulang hafalan. Namun karena alhamdulillah Anda sudah menghafal seluruh Al-Qur’an. Sekarang, Anda seharusnya sebisa mungkin fokus untuk berusaha memahami Al-Qur’an.

Adalah sebuah tragedi jika kita punya satu generasi yang hafal Al-Qur’an namun tidak memahaminya. Pada bulan ini Anda harus mencobanya, khususnya para hafidz. Mereka harus berusaha sebisa mungkin membaca tafsir, mendengarkan tafsir, mendengarkan penjelasan, dan sungguh-sungguh merenungkan apa yang mereka baca, mereka harus punya program… setiap tahun saya akan mempelajari 2-3 juz tafsir.

Sehingga 10 tahun berikutnya insya Allah, Anda sudah menyelesaikan seluruh Al-Qur’an hanya di bulan Ramadan. Ini khusus bagi para hafidz.

Subtitle: NAK Indonesia
Donasi: https://www.kitabisa.com/nakindonesia

English Transcript: https://islamsubtitle.wordpress.com/2018/04/20/advice-to-make-the-best-of-ramadan/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s