Tutorial Cara Mudah Sinkron Waktu Subtitle


Bagaimana cara resync subtitle video? Ini yang pertama kupikirkan saat mengedit subtitle dari video yang belum rilis di channel Free Quran Education milik Darul Arqam Studio maupun channel NAK Indonesia.

Caranya sangat mudah, yakni dengan memakai web online https://subtitletools.com/subtitle-sync-shifter. Subtitle yang didukung adalah format srt, ass, ssa, smi, dan webvtt.

Namun kita perlu tahu dahulu berapa jarak waktu antara subtitle dengan video. Bagi saya caranya sangat mudah, yakni bertanya ke animator/ilustrator yang membuat video Darul Arqam Studio, karena video mereka sering dimulai dengan opening tertentu sebelum masuk ke scene dakwah.

Misalnya saya punya subtitle The Way She Walks – Nouman Ali Khan, saya akan bertanya ke mereka, berapa durasi opening scene videonya, mereka akan jawab misalnya 10 detik.

sinkron subtitle

Dengan https://subtitletools.com/subtitle-sync-shifter saya akan masukkan angka 10000 milliseconds di kolom dan kemudian klik shift.

Selanjutnya kita tinggal download dan menguji subtitlenya sudah sinkron belum dengan subtitlenya.

Demikian tutorial singkat ini, semoga membantu.

Update:

Ini tambahan tutorial bagaimana agar subtitle sinkron waktunya. Tutorial ini insya Allah berguna bagi yang pekerjaannya menyesuaikan subtitle awal dengan subtitle versi akhir, seperti yang dilakukan tim Talha, tim subtitle dari Darul Arqam Studio.

Jadi saya sedang menyamakan waktu subtitle audio dengan subtitle video dari video ini:

(Klik caption YouTube yah agar bisa buka subtitlenya)

Saya mengalami kesulitan mendapatkan timeline subtitle yang sinkron dari video itu. Anggota tim Talha yang lain lantas membantu. Dari diskusi, kira-kira seperti ini rumus mendapatkan timeline subtitle yang sinkron:

A: Waktu suara audio dimulai dari menit/detik ke berapa?
B: Waktu suara video dimulai dari menit/detik ke berapa?

Rumus: B – A = C

Contoh video di atas ustad Khalid Basalamah mulai berbicaranya pada detik 19,7 di audio, di video ustadnya mulai berbicara detik 30,4.

30,4 – 19,7 = 10,7

Sekarang upload subtitle audio menggunakan https://subtitletools.com/subtitle-sync-shifter. Pada bagian Shift (in milliseconds) isi dengan nilai waktu dari hitungan di atas, yakni: 10700.

Tes subtitlenya apakah sudah sinkron?

Selesai. Tutorial insya Allah akan diperbarui bila ada perkembangan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s