Aktivitas Menyesuaikan Waktu Salat – Nouman Ali Khan


Bukan pilar yang seharusnya bergeser, tapi kamu, yang seharusnya bergeser. Tentang salat yang seharusnya menjadi pilar hari kita. Tidak mudah memang, menjadikan salat sebagai pilar sebagaimana pilar bangunan. Kokoh, berdiri tegak di tempatnya. Bukan salat yang menyesuaikan jadwal harian kita, tapi kita yang menyesuaikan jadwal salat.

Aktivitas Menyesuaikan Waktu Salat

Deskripsi orang-orang yang salat di surat Al Ma’arij yang pertama adalah “alladzinahum fii salatihim daa-imun“. Konsisten di sini maknanya tidak hanya dilaksanakan lima waktu, namun juga konsisten waktunya, tidak bergeser.

Ibarat pilar, kita tidak bisa memaksakan maju terus kalau ada pilar di hadapan kita, kecuali kita memang mau merasakan sakitnya menabrak tiang hehe. Bukan pilarnya kita dorong, biar kita bisa maju terus pantang mundur. Tapi kita yang harus berputar, sedangkan pilar tersebut tetap tegak di tempatnya.

Apa yang akan terjadi, kalau pilarnya kita hancurkan, atau kita pindah-pindah seenaknya? Bangunannya akan rapuh, bahkan bisa roboh. salat adalah pilar iman kita. Ketika kita tidak menjadikannya konsisten (dilaksanakan 5 kali, dan di awal waktu salat), maka iman kita akan rapuh, bahkan bisa hancur.

Kalau iman kita rapuh atau hancur, efeknya apa ke hidup kita? Hidup kita juga pasti jadi berantakan. Kalaupun ga berantakan, bisa jadi bukan nikmat yang Allah beri, namun istidjraj. *maaf kalau salah istilah/penulisannya.

Terakhir.. kalau kita menyatakan diri peduli akan islam, ingin membantu dakwah islam. Maka yang harus kita perbaiki lebih dahulu adalah salat kita, salat wajib kita, lalu disusul salat sunnah kita. Terutama salat shubuh, salat isya, dan juga salat malam kita.

***

Semoga Allah tidak menjadikan kita orang-orang yang celaka dalam salatnya, seperti yang disebutkan dalam surat Al Ma’un.

Semoga Allah memudahkan kita menjaga “pilar” tersebut agar tidak bergeser dan tidak goyah. Aamiin.

***

Isi dari tulisan ini, sumbernya dari penjelasan ustadz Nouman, videonya lupa yang mana, yang jelas merupakan potongan dari video full Night of Inspiration. Kalau ada yang tahu versi pendeknya, yang isinya saya tulis di sini, bagi-bagi link ya. NAK ID akan taruh di sini link video-nya.

Ditulis oleh IK

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s