Biografi Yusuf Estes


Yusuf Estes adalah seorang cendikia Islam dari Texas, Amerika Serikat. Lahir pada 1 Januari 1944 dengan nama Joseph Estes, beliau merupakan seorang pendeta Kristen yang masuk Islam pada tahun 1991.

yusuf estes indonesia

Kisah Masuk Islam Yusuf Estes

1. Lahir dari Keluarga Kristen Pecinta Musik

Joseph Edward Estes, dijuluki “Skip” Estes, lahir di Ohio, Amerika Serikat pada tahun 1944 dan dibesarkan dalam keluarga Kristen pecinta musik. Ibunya memainkan piano, sedangkan Ayahnya memainkan piano dan klarinet.

Ayah Yusuf Estes bernama Joseph Edward Estes. Sedangkan Ibunya bernama Ruth Lois Burger. Ayah Yusuf Estes masuk Islam kelak, sedangkan Ibu Yusuf Estes menolak masuk Islam hingga akhir hayatnya.

Keluarga Yusuf Estes pindah ke Houston, Texas pada tahun 1949. Yusuf Estes dibaptis di Gereja Murid Kristus (the Disciples of Christ Church) pada tahun 1956.

2. Musik, Bisnis, Yesus dan Politik

Yusuf Estes menyelesaikan studi musiknya di awal tahun 60-an, menjadi guru musik, dan bermain akordion untuk produksi musik populer pada tahun 1968. Ia dikenal karena tampil di tribun dalam pertunjukan keliling.

Dia mulai memiliki toko musik di tahun 70-an. Menjadi menteri musik, mengajak orang-orang kepada Kristen melalui kecintaannya pada musik, “Yesus dan Alkitab”.

Yusuf Estes dan Ayahnya bekerja bersama di organisasi Ayahnya, Concerned Christian Center. Keduanya bekerja dalam politik termasuk bekerja bersama di Konferensi Gubernur Texas untuk Pemimpin Bisnis selama awal 80-an.

Selama karir bisnisnya Yusuf Estes membangun jaringan toko musik dan bahkan memiliki serial televisinya sendiri, “Estes Music Jamboree”. Kesuksesannya membuat Yusuf Estes dapat memiliki rumah, mobil, perahu, dan pesawat mahal.

3. Skippy si Badut (Skippy the Clown)

Yusuf Estes dikenal humoris, bahkan pernah menjadi badut dengan julukan. “Skippy the Clown,” untuk menghibur anak-anak.

4. Masuk Islam Tahun 1991

Di tahun 1991 Ayahnya memperkenalkan Yusuf kepada seorang Muslim dari Mesir bernama Mohamed Abdel Rahman. Yusuf Estes segera mencoba untuk mengubahnya menjadi seorang Kristen. Tetapi Muslim asal Mesir ini mengajarkan pemahaman yang benar tentang Islam sehingga menyebabkan Yusuf Estes mempertanyakan agamanya sendiri.

Pastor Peter Jacobs, seorang imam Katolik yang tinggal di rumah Yusuf Estes juga mencoba untuk merayu Muslim Mesir ini berpindah agama Kristen. Tapi setelah tiga bulan berdebat, dialog dan beberapa kunjungan ke masjid, Pastor Peter Jacobs masuk Islam dan mengganti namanya menjadi Yahya.

Setelah melihat seorang pastor masuk Islam dan juga menemukan begitu banyak bukti kebenaran Islam, Yusuf Estes benar-benar merenung dan berdoa di dalam hatinya agar mendapatkan bimbingan. Dan Allah membimbingnya, Alhamdulillah.

Joseph “Skip” Estes secara terbuka menerima Islam pada bulan Juli 1991, dan memilih nama Yusuf untuk dirinya sendiri.

5. Transformasi

“Joseph” menjadi “Yusuf,” dan “Skippy the Clown” menjadi “The Funny Sheikh (Sheik Yang Lucu)”. Yusuf Estes mulai memberikan ceramah tentang Islam dengan gaya khas humorisnya.

Pada awal masa dakwahnya banyak berkisah tentang pertobatannya kepada audiens Muslim dan Kristen lokal, kemudian mulai berdakwah keliling negeri (Amerika Serikat). Gaya dakwahnya yang humoris membuatnya disukai banyak orang dan undangan internasional mulai berdatangan.

6. Dakwah Keliling Dunia

Yusuf Estes mulai berkeliling dunia untuk memberikan ceramah. Dia telah melakukan perjalanan ke Mesir, Maroko, Pakistan, Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Bahrain, Turki, Sri Lanka, Australia, Inggris, Irlandia, Skotlandia, Denmark, Norwegia, Swedia, Kanada, Meksiko, Karibia, Trinidad, Tobago, Belanda Antillen, Barbados, India, Jepang.

Pada 18 – 21 Maret 2018 Yusuf Estes berkesempatan untuk tur dakwah ke Indonesia.

Yusuf Estes dinobatkan sebagai Islamic Personality of the Year di Dubai International Holy Quran Award pada tanggal 8 Agustus 2012.

7. Duta Muslim Amerika Serikat

Di tahun 90-an, masa-masa awal memeluk Islam, Yusuf Estes menjadi Muslim Chaplain (rohaniawan muslim) untuk Biro Penjara Amerika Serikat, juga sebagai delegasi muslim pada Konferensi Perdamaian Dunia PBB untuk Pemimpin Agama yang diadakan di PBB pada September 2000.

8. Kajian, Web-Cast, Acara TV

Yusuf Estes adalah pendiri dan presiden Guide US TV, saluran TV satelit dan TV free-to-air, yang menyiarkan program tentang Islam.

Saat bepergian ke seluruh dunia, Yusuf Estes telah memberikan ratusan ceramah, menulis banyak artikel, dan membuat ribuan situs web. Dia memulai konferensi web dan video secara langsung di masjid dan sekolah. Setelah muncul di sejumlah saluran TV Islam, ia meluncurkan stasiun televisinya sendiri di Amerika.

Sumber:

https://www.wireclub.com/topics/religion/conversations/TR4YcwMAAAAAEPAK0
http://yusufestes.blogspot.co.id/
http://www.islamevents.com/speakers/speaker_detail.php?spid=7

Advertisements

One thought on “Biografi Yusuf Estes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s