Biografi Mufti Menk


Ismail bin Musa Menk atau lebih sering dikenal sebagai Mufti Menk merupakan seorang Mufti dari Zimbabwe, sebuah negara yang sangat jauh dari Indonesia. Negara tersebut bertetangga dengan Afrika Selatan, bila ingin tahu di mana Zimbabwe, buka peta Afrika, lihat negara terbawah (Afrika Selatan), Zimbabwe terletak di sebelah atas (utara) Afrika Selatan.

mufti menk nak

Lahir & Pendidikan

Mufti Menk lahir pada 27 Juni 1975 di Harate, Zimbabwe dan merupakan anak ke-8 dari 9 bersaudara. Ayahnya bernama Sheikh Maulana Musa Menk juga dikenal sebagai cendikia Islam dan seorang imam Masjid di Zimbabwe. Pada umur 3 tahun, Mufti Menk sudah hafal sejumlah ayat dari surat At Taubah. Teman dari keluarga Menk memprediksi kelak Mufti Menk akan menjadi penghafal Quran.

Di usia 9 tahun, Mufti Ismail Menk mulai serius menghafal Quran dan menghafal seluruhnya pada usia 12 tahun. Mufti Menk belajar bahasa Arab, Urdu, Mazhab Hanafi dan Syariah di bawah bimbingan Ayahnya. Setelah itu melanjutkan pendidikan dan memperoleh gelar dalam bidang Syariah dari Universitas Madinah. Lalu Mufti Menk memperdalam ilmu agama di Darul Uloom Kantharia, Gujarat, India.

Pada usia sekitar 14 – 18 tahun, Mufti Menk memiliki masalah temperamen yang membuatnya bersikap negatif seperti mudah marah. Mufti Menk percaya Allah menyelamatkan dirinya dari sikap ini sehingga sekarang sangat sulit untuk membuatnya marah. Kita bisa melihatnya dari cara dakwahnya saat ini.

Model Dakwah

Mufti Menk merupakan seorang mufti, sehingga beliau seseorang dengan ilmu agama yang tinggi dan mendalam. Dia adalah Kepala Departemen Fatwa Dewan Ulama Islam Zimbabwe (Majlisul Ulama Zimbabwe).

Seorang mufti memiliki hak untuk mengeluarkan fatwa. Dan Mufti Menk justru berdakwah dengan cara “unik” atau “berbeda”. Dikatakan unik dan berbeda adalah karena Mufti Menk berdakwah dengan cara yang lembut dan tidak menakuti-nakuti dengan fatwa.

Mufti Menk aktif menggunakan sosial media untuk berdakwah dengan tema motivasi, muhasabah dan ditujukan untuk muslim secara umum. Model pendekatan dakwah Mufti Menk membuat muslim yang biasa-biasa saja tidak merasa dihakimi, namun justru diajak untuk menjadi muslim yang lebih baik.

Sebagai contoh ketika membahas Ramadan, Mufti Menk mengajak kaum muslimin untuk muhasabah agar Ramadan kali ini lebih baik dari Ramadan sebelumnya. Misalnya agar tidak menganggap salat sebagai beban dari Allah, melainkan sebaiknya dipandang sebagai hadiah dari Allah untuk kita. Sehingga kita dapat salat dengan hati senang tanpa keinginan untuk cepat-cepat menyelesaikannya.

Motto Mufti Menk yang coba dia sebarkan dan amalkan adalah pesan sederhana namun mendalam, “Do good, help others while preparing for the Hereafter” (Berbuat baik, bantulah orang lain sambil mempersiapkan akhirat).

Mufti Menk merupakan imam di Masjid Al Falaah, salah satu Masjid terbesar di Harare. Kegiatan Mufti Menk lainnya adalah mengajar di Darul Ilm di Harare serta menghadiri banyak konferensi agama internasional, seminar, dan lain-lain.

Penghargaan

Penghargaan yang diraih Mufti Menk, diantaranya:

Top 500 Most Influential Muslims in the World since 2010
KSBA Global Leadership Award Social Guidance
Honourary Doctorate Social Guidance Aldersgate University

Sosial Media Resmi Mufti Menk:

https://www.facebook.com/muftimenk/

https://www.instagram.com/muftimenkofficial/

https://twitter.com/muftimenk

https://www.youtube.com/user/MuftiMenkRox

Sumber Foto:

https://www.facebook.com/muftimenk/photos/a.10151632203371971.1073741825.59816241970/10152927668056971/

Sumber Tulisan:

http://muslimahsameerah.com/10-things-probably-didnt-know-mufti-menk/
https://en.wikipedia.org/wiki/Ismail_ibn_Musa_Menk

Advertisements

One thought on “Biografi Mufti Menk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s