[MFA] #22 – Allah Is The Judger of Effort

 وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَىٰ (QS 53 : 40)

Ayat ini dijelaskan oleh ustad Nouman Ali khan dengan sangat luar biasa dan membekas di hati saya. Dijelaskan bahwa kita sebagai muslim, khususnya pemuda, tidak boleh puas dengan standar yang biasa saja, kita harus mendorong diri kita untuk menguasai setiap aspek kehidupan.

Kita harus mengejar kesempurnaan, walaupun itu tidak bisa kita gapai, tetapi yang terpenting adalah saat kita berjumpa dengan Allah, saat kita kembali kepada Allah, kita dapat mengatakan bahwa kita sudah memanfaatkan kemampuan yang Allah berikan kepada kita saat lahir, apa yang Allah harapkan bukanlah HASIL tetapi seberapa besar USAHA kita untuk mengerahkan segala kekuatan yang kita punya.

“And then his effort will soon be seen”. (Qs An Najm: 40)

Contoh kecil untuk menjelaskan ayat ini adalah ketika kita mendapatkan ijazah sekolah, tidak tertulis usaha yang kita buat untuk bisa lulus dari sekolah, yang tertulis hanyalah bahwa kita lulus, hanya itu. Tidak tertulis bahwa kita berjuang belajar semalaman hingga hampir pingsan. Itu tidak akan pernah ditulis, hanya ditulis hasilnya bukan usahanya. Tetapi pada ayat ini, nanti di hari penghakiman, satu-satunya yang diperlihatkan kepada kita adalah usaha, bukan hasil atau pengaruh yang berhasil kita buat. Ini LUAR BIASA, karena kita semua tidak bisa melihat usaha satu sama lain. Anda tidak bisa melihat usaha saya dan saya juga tidak bisa melihat usaha anda.

We are the People of Results. Allah is the Judger of Effort. Satu contoh lagi, kita semua tau bahwa Nabi Nuh alaihissalam adalah salah satu rasul yang paling tinggi kedudukannya di sisi Allah. Kita tahu bahwa selama 950 tahun dakwah Nabi Nuh, pengikutnya hampir tidak ada! Hampir tidak ada pengaruh sama sekali, tetapi kenapa Nabi Nuh adalah salah satu rasul yang paling Allah cintai? Karena usahanya yang terus menerus tak pernah menyerah. Tidak peduli bahwa nabi Nuh tidak punya pengaruh sama sekali tetapi yang terpenting bagi Allah adalah usahanya.

Jadi jangan pernah pikirkan hasil dari usaha yang kita buat, hasil yang kita terima, satu-satunya hal yang harus kita lakukan adalah melakukan usaha terbaik yang mungkin bisa kita lakukan. Do your BEST POSSIBLE EFFORT, dan hasilnya akan datang dari Allah, dan waktunya tidak berada di jadwal kita tetapi berada pada jadwal Allah.

Masya Allah. Mohon maaf jika tulisan saya kurang bagus.. Yang terpenting bisa bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

Penulis: Daffa Reyhando

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s