[MFA] #12 – Berhentilah Mengeluh, Mulailah Bersyukur

mfa4

Siapa yang pernah mengeluh? Kadang-kadang kah atau jangan –jangan tanpa kita sadari, seharian ini kita suka mengeluh. Mengeluh listrik suka mati, mengeluh di jalan karena macet, mengeluh dengan tingkah polah anak yang suka rewel, dan mengeluh lainnya. Dalam quran surat Ibrahim ayat ke-7, Allah SWT mengatakan:

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu sedikit saja bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.

Nouman Ali Khan menyebutkan, ketika Allah menyatakan “Jika kamu sedikit saja bersyukur”. Hanya sedikit saja maka Allah akan menambah dan menambah nikmat tersebut. Bersyukur di sini, tidak hanya bersyukur kepada Allah. Bisa saja bersyukur kepada orang tua, guru, nikmat sehat, memiliki teman, bersyukur kepada orang-orang yang telah berjasa, bahkan bersyukur atas perusahaan yang telah memberikan pekerjaan.

Jika kamu menghargainya dan bersyukur atas itu, bukan hanya sekedar mengatakan Alhamdulillah. Bersyukur juga merupakan suatu sikap, gaya hidup dan cara berfikir. Sehingga kita dapat terus bersyukur. Jika kita menunjukkan rasa syukur itu walau hanya sedikiiiitt saja, Allah berkata bahwa ‘Aku akan menambah (nikmat) kepadamu’ .  Allah biasanya menyebut “Kami” dibanding “Aku” dalam Al-quran. Namun dalam ayat ini menggunakan kata “Aku”. Hanya pada permasalahan yang amat besar Allah menggunakan kata “Aku”.

Ayat ini adalah khutbah yang diberikan oleh nabi Musa AS untuk bani Israil. Saat setelah mereka melewati laut yang terbelah, mereka memiliki kenangan buruk akan kepemimpinan Fir’aun dan mengalami banyak penderitaan. Nabi Musa tidak memberikan khutbah tentang kesabaran saat itu. Namun nabi Musa AS memberikan khutbah tentang bersyukur, karena kamu tidak akan mungkin bisa bersabar jika kamu tidak memiliki rasa bersyukur. Dan jika kamu tidak bisa bersyukur, maka kamu tidak bisa melihat sedikitpun kebaikan dalam hidupmu.

Allah berkata: ‘sesungguhnya azab-Ku sangat berat’. Jika kamu tidak bersyukur, maka it’s nothing. Jika kamu mengeluh, itu ga ada gunanya. Nothing.  Di sini membuat saya benar-benar menyadari betapa indahnya cara Allah menyampaikan pesan kepada kita.

Semoga Allah membuat kita menjadi orang yang bersyukur dan membuat kita mampu melihat sisi baik dari segala hal. Jadi berhentilah murung dan selalu pesimis, berhentilah melihat sisi buruk dari sesuatu, janganlah terus menerus mengeluh, berhentilah mengkritik sesuatu. Jangan suka sinis, hargai orang orang-orang sekelilingmu, teman-temanmu, gurumu, orang tuamu, sekolahmu, kesehatanmu, fisikmu. Berhenti mengeluh kalau kamu merasa terlalu gendut, terlalu pendek, terlalu kurus. Stop complaining! Start being grateful. Berhentilah mengeluh jika kamu sakit selama 1 minggu, bersenanglah karena sakitmu tidak separah orang lain. Mulailah bersyukur, karena Allah akan menambah semuanya.

Ikrim Maizana

Sumber video:

Stop Complaining & Be Grateful [Juz 13] – Nouman Ali Khan – Quran Weekly

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s