Allah Tidak Membandingkan Diri Kita Dengan Orang Lain – Nouman Ali Khan

Seandainya kita mau belajar untuk memahami apa yang Allah maksudkan di dalam Al-Quran, maka kita akan merasa lebih mudah dalam menjalani hidup ini. Salah satunya firman Allah di dalam Surat Al-Kahfi ayat 24 “..semoga Tuhanku memberi petunjuk sehingga kita bisa lebih dekat kepada-Nya.

Ini artinya, Allah tidak menuntut kita agar memiliki pencapaian yang sama dengan orang lain. Namun kesalahan yang sering kita lakukan. Kita seringkali membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Si A setiap hari pergi ke masjid, si B selalu solat malam, si C selalu menghafal sekian juz. Sedangkan aku subuh tepat waktu saja tidak bisa. “Hal-hal seperti itu semakin membuat diri kita merasa minder dan menjadi tidak semangat.

Padahal bukan seperti itu yang Allah maksudkan. Yang Allah inginkan agar kita lebih dekat kepada-Nya. Bagaimana diri ini agar selalu berproses menjadi lebih baik. Tidak apa-apa menghafal juz ke-30, meski adik kita sudah hafal lima juz. Tidak apa-apa mendengarkan lima menit tausiyah di radio mobil, sementara teman-teman kita sudah menjadi pembicara teraweh.

Allah itu lembut pada kita. Ia tidak menuntut kita untuk membandingkan diri kita dengan capaian orang lain. Allah hanya menuntut kita menjadi pribadi yang lebih baik tanpa pernah merasa sudah menjadi terbaik. Allah juga tidak pernah menghakimi kita sebagai orang yang terlalu terlambat dalam berposes menuju kebaikan.

Ditulis oleh Arkandini Leo.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s