Workshop Hand Lettering NAK Indonesia

Alhamdulillah Sabtu kemarin (20 Mei 2017) Workshop Hand Lettering bisa berjalan dengan lancar di kampus Fasilkom UI Depok. Acara dimulai sekitar pukul 09.30, dibuka oleh MC Genis Anggraeni. Di awal acara ini, Genis memberi sedikit perkenalan tentang Nouman Ali Khan Indonesia kepada para peserta.

IMG20170520093138

Selanjutnya, acara dilanjutkan oleh pemateri workshop, yaitu Zie Lusiana (@zielusiana, @zielusianart). Mbak Zie memulai workshop dengan perkenalan para peserta. Ternyata kebanyakan peserta belum pernah belajar hand lettering sebelumnya. Salah satu peserta, Atikah, mengatakan ingin belajar hand lettering agar dapat menuliskan pesan-pesan kebaikan dengan hand lettering untuk disebarkan melalui akun social media dakwah muslimah yang dikelolanya.

Mbak Zie memulai workshop dengan materi perkenalan hand lettering. Beberapa hal yang dibahas antara lain mengenai perbedaan lettering dan kaligrafi, alat yang digunakan, jenis-jenis font dan typeface. Selanjutnya, Mbak Zie menjelaskan dan memberi contoh beberapa basic strokes (sapuan kuas/brush) yang digunakan dalam hand lettering. Peserta pun antusias menyimak dan melatih basic strokes mereka di kertas bergaris yang sudah disediakan panitia. Latihan basic strokes ini memerlukan kesabaran dan ketekunan, karena untuk satu basic strokes saja harus diulang sampai satu atau dua halaman penuh kertas A3.

This slideshow requires JavaScript.

Sesi praktik basic strokes ini berjalan sampai ke sesi kedua setelah istirahat shalat dan makan. Setelah itu, Mbak Zie memberikan contoh menulis huruf dan namanya. Para peserta mendapat tantangan untuk menulis namanya sesuai kaidah hand lettering yang sudah diajarkan. Setelah dikumpulkan, Mbak Zie memilih 2 karya terbaik, dan peserta juga melakukan voting untuk memilih 2 karya terbaik lainnya. Keempat peserta terpilih ini mendapatkan merchandise kaos/tote bag dari NAK Indonesia.

Cinderamata untuk @zielusiana @zielusianart pada workshop hand lettering kemarin

A post shared by NAK Indonesia (@nakindonesia) on

Di akhir acara, NAK Indonesia memberikan kenang-kenangan kepada Mbak Zie yang telah berbagi ilmunya kepada peserta. Salah seorang peserta yang berasal dari Bandung, Santy, berbagi kesan pesannya setelah mengikuti acara. “Kesannya sangat menyenangkan. Dan ternyata benar, practice makes better. Setelah latihan basic tadi, kalau terus-terusan, bisa terlihat ber-progess. Jadi jangan pernah lelah untuk berlatih. Semoga kita bisa membuat karya yang bermanfaat”, ujarnya. Semoga workshop ini bermanfaat untuk teman-teman peserta, dan menambah ilmu serta semangat untuk membuat karya-karya hand lettering selanjutnya.

IMG20170520152159

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s