[Transkrip Kartun Islami] Kebaikan Orang Tua Kita – Nouman Ali Khan


Orang tuamu melakukan banyak hal untukmu daripada yang kamu bisa lakukan untuk mereka. Ibumu mengandungmu dan mengorbankan darahnya untuk melahirkanmu ke dunia ini. Dia hampir mati untuk melahirkanmu.

Ayahmu menafkahimu di saat kamu bahkan belum bisa mencari makan sendiri. Kamu belum bisa membersihkan diri, kamu belum bisa melindungi diri. Beliau yang menyediakan untukmu. Beliau menyediakan pendidikanmu, Beliau mengurusmu. Dan sebenarnya mengurus ibumu adalah kebaikan untukmu. Saat Ayahmu mengurus Ibumu, sebenarnya itu bagian dari Ihsan-nya padamu.

Mengapa saya katakan itu? Karena saat Allah Azza wa Jalla menceritakan Musa ‘alaihissalam dan Dia menggambarkan nikmat (yang diberikan-Nya).

Wa laqod manannaa ‘alaika marrotan ukhroo.” (QS Ta Ha ayat 37)

Kami juga telah berikan nikmat lainnya kepadamu.

Dan… bagian dari nikmat yang Allah beri kepadanya. Kami mengembalikanmu pada ibumu.

Kai taqorro ‘ainuhaa wa laa tahzan.” (QS Al Qasas ayat 13)

Jadi dia tidak akan menangis, jadi agar hatinya senang, jadi dia tidak akan bersedih lagi. Ketika Allah mengurus ibunya, Allah berfirman, “Aku karuniakan nikmat atasmu.

Jadi saat hal baik diberikan pada ibumu, itu sebenarnya kebaikan untukmu.

Kamu (juga) berhutang (pada) Ayahmu, jangan berpikir, “Saya tahu Ibu mengurusku, tapi Ayah tidak pernah melakukan apapun.

Fakta bahwa beliau menafkahi ibumu, untuk kalian berdua. Faktanya beliau melakukan itu, fakta ia menjadi suami untuknya. Itu sebenarnya, kebaikan yang tidak akan pernah bisa kamu balas bahkan bila beliau tidak melakukan apapun. Bahkan bila beliau tidak melakukan apapun.

Jadi seperti dalam semua hubungan lainnya, kamu harus melakukan hal baik untuk mereka. Tapi dalam hal ini, dengan orang tua, kamu harus terus-menerus membayar hutang yang tidak mungkin (lunas). Ini hutang yang mustahil, dan kita akan berhutang seumur hidup dan tak akan mampu membayarnya.

Itulah mengapa yang terbaik yang kamu lakukan masih belum cukup. Tetapi usahakan yang terbaik, itulah mengapa “Birrul walidaini ihsana“.

Subtitle: NAK Indonesia
Donasi: https://kitabisa.com/nakindonesia

English Transcript: https://islamsubtitle.wordpress.com/2017/12/15/favours-of-our-parents

Advertisements

3 thoughts on “[Transkrip Kartun Islami] Kebaikan Orang Tua Kita – Nouman Ali Khan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s