Tips Menghafal Quran Dari Fatih Seferagic

Fatih Seferagic berdarah Bosnia, lahir di Jerman pada 1 Maret 1995 dan pindah ke Amerika Serikat ketika berusia 4 tahun. Dikenal sebagai penghafal Quran, Fatih Seferagic memiliki visi ingin dapat memasyarakatkan Al-Qur’an. Dan itu mengapa Fatih Seferagic datang ke Indonesia pada tanggal 11 – 17 November 2016. Ingin tahu tips menghafal Quran darinya? Cek tulisan di bawah ini.

fatih-seferagic-menghafal-quran

Menghafal Quran Dengan Guru

Paling penting dalam menghafal Al-Qur’an adalah mencari guru. Guru dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan murid. Namun Fatih juga menambahkan bila metode menghafal Al-Qur’an itu unik, setiap orang dapat memiliki caranya sendiri.

Menghafal Quran melalui bantuan guru tetap yang terbaik. Guru dapat menganalisis kemampuan muridnya, lalu merancang target yang menantang namun disesuaikan dengan kemampuan menghafal murid.

Sabar Dan Konsisten

Faktor utama dalam proses menghafal adalah konsisten dan sabar. Tiap orang memiliki kecepatan menghafal yang berbeda-beda. Jangan terbebani target ingin dapat menghafal sekian juz dalam rentang waktu tertentu. Jangan terlalu memaksa di awal, yang penting ada kemajuan tiap hari. Sedikit demi sedikit.

Memiliki Surat Favorit Membantu Agar Semangat Menghafal

Pengalaman penulis, memiliki surat favorit membantu kita untuk memulai menghafal surat tersebut. Biasanya orang-orang mulai menghafal surat Quran dimulai dari Al Fatihah lalu surat An Nas, surat-surat pendek juz 30. Fatih Seferagic tidak demikian. Surat favorit Fatih Seferagic adalah surah Yusuf dan inilah surat pertama yang dihafalkannya. Fatih Seferagic sendiri mulai menghafal Al Quran pada umur 9 tahun dan menyelesaikan hafalannya pada umur 14 tahun. Fatih menasihati agar kita mempunyai surat favorit.

Lingkungan Yang Mendukung

Penting juga memiliki lingkungan yang mendukung untuk menghafal Quran dan menjaga hafalan Quran kita. Ayah Fatih Seferagic juga seorang yang hafal 30 juz.

Mengulang Hafalan Dan Perbanyak Tilawah

Nasihat dari Fatih Seferagic adalah agar hafalan Quran harus diulang tiap hari. Dan agar cepat hafal, jangan hanya menghafal saja tetapi juga memperbanyak tilawah, minimal tilawah 2 juz per hari.

Itulah tips menghafal Quran dari Fatih Seferagic. Semoga kehadirannya di Indonesia membuat umat muslim Indonesia semakin giat menghafal Quran, terutama anak muda Indonesia, semoga mereka kembali mempelajari Quran, membacanya, mentadabburinya, menghafalnya, dan mengamalkannya.

Sumber: http://www.inspiradata.com/6-tips-jitu-menghafal-al-quran-a-la-fatih-seferagic/

Tambahan: Fatih Seferagic pernah belajar di Bayyinah Dream, program belajar bahasa Arab dari ustadz Nouman Ali Khan. Kami dapatkan foto Fatih mengenakan baju hoodie bertuliskan Bayyinah Dream.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s