[Transkrip Indonesia] 1 Kata Bersama Ustadz Adam Jamal – Rabb – Surat Al Fatihah Ayat 1

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Selamat datang dalam seri “Satu Kata”. Kita akan melihat pengaruh sebuah kata dalam ayat Quran. Hari ini, kata yang akan saya jelaskan berasal dari ayat paling awal dari surah yang pertama dalam Quran.

Surah yang paling pertama dalam Quran, surah Al-Fatihah. Dalam surah Al-Fatihah, Allah berfirman, “Al-hamdu lillahi robbil-‘alamin.

Jadi kata yang ingin saya jelaskan hari ini adalah kata “Rabb“.

Al-hamdu lillahi robbil-‘alamin.

Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam.

Jadi kata “Rabb” biasanya diterjemahkan sebagai Tuan atau Raja. Sekarang ketika menerjemahkan sebagai Tuan, ini mengingatkan kita pada banyak hal. Karena dalam kehidupan ada banyak tipe hubungan yang berbeda.

Misalnya, Anda memiliki hubungan antara suami dan istri. Suami punya kewajiban dan hak tertentu pada istrinya. Begitu juga sebaliknya, istri punya kewajiban dan hak. Seorang ayah dan anak. Ayah punya hak dan juga kewajiban pada anaknya. Begitupun sang anak.

Sekarang saya ingin menjelaskan tentang Tuan. Kebalikan dari Tuan adalah budak (hamba). Hubungan antara Tuan dan budak berbeda dari semua jenis hubungan yang kita punya. Tuan punya hak tapi tidak punya kewajiban. Sebaliknya budak punya kewajiban tapi tidak punya hak. Sekarang mungkin Anda berpikir ini sangatlah tidak adil.

Jadi sebenarnya saat diri kita menghamba pada Allah. Yang Maha Menciptakan Segalanya. Saat diri kita menghamba pada Yang Menciptakan surga dan dunia. Sebenarnya kita memberikan diri kita kebebasan. Karena kita tidak membudakkan diri kita pada siapapun. Kita tidak memperbudak diri kita pada musik, seni atau sesuatu buatan manusia. Tapi cukup menghamba pada Tuhan Yang Maha Perkasa dan Maha Kuasa.

Jadi setiap kali kita mendengar kata “Rabb” dalam Quran, saya ingin agar kita mengingat hubungan ini. Saya ingin kita mengingat bahwa kita adalah hamba kepada Tuhan seluruh alam. Karena kata “Rabb” tidak hanya muncul sedikit tapi banyak dalam Quran. Jadi setiap kali Anda mendengar kata “Rabb“, ingatlah pikiran dan hubungan dengan Allah.

Saya memohon pada Allah agar menolong kita untuk memahami hubungan antara Tuhan dan hamba. Dan saya memohon pada Allah agar menolong kita untuk memahami setiap kata dalam Quran. Jazakumullahu khairan. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s