[Transkrip Kartun Islami] Hindari Teman Yang Tidak Membawa Manfaat – Nouman Ali Khan


Walladziina laa yasyhaduunaz zuuro” (QS. Al Furqon: 72)

Anak-anak muda, tolong dengarkan baik-baik! Mereka ini adalah orang-orang yang tidak pernah menyaksikan teman-teman yang tidak membawa manfaat untukmu.

“Zuur” artinya kesaksian palsu. Berarti juga seorang teman yang tidak berguna, tidak ada untungnya. Dengan kata lain, mereka tidak begadang sampai jam 2 dini hari, kemudian merokok. Mereka tidak begadang sampai jam 3 dini hari ngobrol kesana kemari. Mereka tidak melakukannya. Mengapa?

Karena mereka telah bertaubat. Dan ketika seseorang telah bertaubat.. kau tahu, ketika kamu berbuat dosa besar, kamu tahu kapan kamu mulai berbuat dosa besar? Kamu awali dengan dosa-dosa kecil, kemudian semakin besar dan besar, dan akhirnya kamu terjerembab dalam dosa besar.

Kemudian kamu sadar bahwa dosa kamu diakibatkan oleh teman-temanmu. Teman-teman yang kau habiskan waktu bersama mereka. Merekalah yang membuat seolah-olah perbuatan jelek itu ringan.

Jadi Allah bilang sekarang mereka telah bertaubat. Tapi mereka yakinkan, mereka tidak akan duduk bersama-sama kelompok yang jahat. Mereka tidak akan duduk bersama-sama dengan kelompok yang salah.

Kadang kamu diundang ke sebuah pesta dan mungkin mereka yang mengundangmu tidak begitu religius. Sehingga mereka memainkan musik, wanita ber-make-up, laki-laki dan perempuan bercampur baur. Kau di tengah-tengah pesta ini.

Kemudian kamu berujar, “Walladziina laa yasyhaduunaz zuuro” (QS. Al Furqon ayat 72)

Kemudian pergi, dan kamu membuat alasan, “Aku harus pergi,” kemudian kamu pergi, lalu shalat maghrib. Kemudian kamu tetap diam sampai ‘Isya, lalu shalat โ€˜Isya. Kemudian kamu kembali ke pesta dan bertanya, “Semua orang telah pergi?

Lalu kamu pergi, “Ok.. maaf.

Kamu bisa saja melakukan seperti itu. Kamu tidak mempermalukan mereka, tetapi kamu tidak juga ikut-ikutan. Carilah cara yang pintar untuk lari dari itu.

Walladziina laa yasyhaduunaz zuuro wa idzaa marruu billaghwi marruu kirooman” (QS. Al Furqon ayat 72)

Ketika mereka melakukan percakapan yang tidak penting, Ketika mereka melakukan kegiatan yang tidak berfaedah, dan mereka akan seperti itu. Maka tinggalkanlah dengan cara yang bijaksana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s